Minggu, 11 Mei 2008

Mengapa Wingsfood menggunakan merek Sedaap untuk Kecapnya

Selama ini pasar kecap banyak didominasi oleh pemain pemain local maupun nasional, seperti kecap cap Bangao dari Unilever, kecap ABC produksi Heiz ABC, dan kecap Indofood. Tetapi ada yang mengejutkan dari Wingsfood, dengan berani memasuki pasar yang sudah sesak bertarung dengan merek Sedaap. Disini strategi yang dilakukan oleh Wings adalah brand ekstension. Ini adalah langkah berani dari group Wings.

Mengapa Wings menggunakan merek Sedaap, bukan menggunakan merek yang lain. Ini karena sukses Wings menggebrak pasar mie instant dengan merek ini akan dapat mengulangi sukses keduanya.

Marketing,seles,selling,penjualan,pemasaran,bisnis,periklanan

Merek Mie Sedaap dipasar sudah menancap di benak konsumen, celah inilah yang ingin diambil oleh Wingsfood,

Melihat strategi yang dilakukan, Wingsfood tengah berusahaa memanfaatkan suatu brand yang telah memiliki equity yang kuat untuk suatu katagori yang berbeda. Dengan menggunakan merek Sedaap semua asosiasi positif tentang merek sedaap dengan mudah ditransfer.

Jika menggunakan merek baru maka akan memakan biaya yang besar dan belum tentu dijamin akan berhasil.

Marketing,seles,selling,penjualan,pemasaran,bisnis,periklanan

Strategi yang jitu dan ampuh dilakukan oleh Wingsfood untuk membangun merek, asal jangan menggunakan merek untuk katagori yang berbeda.

Marketing,seles,selling,penjualan,pemasaran,bisnis,periklanan


Kamis, 08 Mei 2008

Perang Tarif Atau Perang Iklan, (MarketingdanBisnsis)

Perang tarif operator seluler makin menggila lewat aneka promosi. Ini memberi kesempatan konsumen untuk memilih operator dengan tarif termurah. Tapi jangan sampai terjebak, karena bisa rugikan konsumen.

Perang kini tak hanya berkecamuk di arena pertempuran Afganistan atau Irak. Tapi "perang" juga turut merambah negeri ini sejak setahun terakhir ini. Perang yang dimaksud tentu saja bukan perang yang sesungguhnya, tapi "perang" dari sisi persaingan antar produk, utamanya produk operator telekomunikasi seluler. Mulai dari harga hingga layanan, para operator telepon seluler di tanah air kini bersaing ketat. Bahkan tidak sungkan-sungkan saling menjatuhkan.

Publik konsumen kini banyak digempur kampanye iklan operator seluler di Indonesia. Yang paling kentara tentu saja kampanye iklan yang mengusung pesan tarif termurah produk keluaran setiap operator seluler negeri ini yang kini sudah dimainkan 14 operator telekomunikasi seluler yang baru muncul lagi 2 operator telekomunikais. Tengoklah layar kaca televisi atau media cetak kita, setiap hari atau setiap pekan dipenuhi tayangan iklan operator seluler yang menawarkan tarif termurah gila-gilaan. Mulai dari nol koma sekian rupiah perdetik hingga seribuan rupiah persekian menit, semuanya menawarkan harga termiring di setiap produk yang ada.

Untuk konsumen yang tidak loyal mereka pasti mencoba-coba, mana tarif yang paling murah, mereka dengan mudah beralih ke operator lain yang dianggap memberikan tarif labih murah

Tapi jangan salah dulu, apa yang dilakukan oleh para operator telekomuniasi selular itu adalah strategi marketing dan periklanan, karena pemerintah telah menetapkan tarif termurah dan tarif tertinggi, begitu juga untuk sms suah diatur oleh regulator, maka kita lihat sekarang biaya sms pun turun hapir setengahnya.
Marketing,selling,sales,Pemasaran,Penjualan,Bisnisdankewirausahaan

Mungkin untuk koneksi sesama operator memang untuk biaya sebenarnya tidak ada biaya baik bertelepon maupun sms, biaya yang ada apabila terjadi koneksi antar operator. Disinilah pintarnya para operator, mereka memberikan biaya yang murah apabila bertelepon sesama operator, dari 0 menit sampai 1 jam, 2 jam mereka berani memberikan tarif tetap dan murah, tetapi bagaimana antar operator apakah mereka berani memberikan tarif yang murah ? …..

Marketing,selling,sales,Pemasaran,Penjualan,Bisnisdankewirausahaan

Untuk menarik calon pelanggan memang kreatifitas periklanan sangat diperlukan untuk membujuk konsumen. Konsumen tidak pernah melihat berapa biaya sesungguhnya, yang dia lihat adalah pesan yang disampaikan oleh iklan. Dari 0,5 rupiah perdetik sampai 0,000000 rupiah perdetik, ini sebenarnya adalah bahasa periklanan, untuk bisa menonjokan bahwa merekalah yang paling murah. Dalam pikiran konsumen yang dia lihat adalah angka yang nol nya banyak. Sungguh fantastis perang iklan yang digendrang oleh para operator selular ini.
Apakah ini bisa menarik konsumen untuk beralih ?

Marketing,selling,sales,Pemasaran,Penjualan,Bisnisdankewirausahaan

Jumat, 02 Mei 2008

Kenapa Pelanggan Mau Membeli Produk Anda

Ada seorang mahasiwa yang bertanya kepada saya ketika saya menjadi pembicara seminar yang diadakan oleh senat mahasiswa disuatu Lembaga Pendidikan. Yang menanya bahwa “dia melihat sales yang sebelum berangkat menjual bernyanyi bersama – sama setelah itu baru mereka di paksa untuk menjual”. Ia mengangap bahwa seles itu dicuci otaknya agar mau menjual suatu produk, sehingga ia mempunyai pikiran yang jelek tentang penjualan dan tidak mau menjual.

Waw …. Suatu pikiran yang sempit sekali seorang mahasiswa ini. Ia melihat bahwa seorang seles itu harus dicuci otaknya dulu, bahwa pekerjaan sales adalah tidak baik. Eit tunggu dulu itu mungkin yang ada dipikirannya, tetapi apakah sejauh itu jeleknya pekerjaan seorang sales.

Mari kita lihat, siapa yang bisa menghasilkan pemasukan buat perusahaan, tentu penjualan, siapa yang melakukan penjualan tentu bagian seles. Bukan saya mengabaikan peranan unit – unit lain dalam perusahaan, tetapi siapa yang mengaji setiap karyawan didalam perusahaan, tentu dari penjualan, siapa yang melakukannya kalau bukan sales.

Secara tidak langsung tanpa adanya penjualan dan sales perusahaan tidak akan bisa mengaji karyawannya. Jadi begitu pentingnya arti penjualan dan sales bagi perusahaan.

Jika Anda punya bisnispun anda ingin bahwa produk yang anda jual laku bukan ?

Mari kita lihat lagi, laporan keuangan perusahaan atau laporan Rugi laba, point apa yang pertama, betul pastilah sales atau penjualan, bukan biaya sekali lagi adalah penjualan (sales)

Saking pentingnya peranan sales dalam perusahaan sampai-sampai perusahaan rela mengeluarkan biaya yang besar buat training bagi para salesnya, dari training tentang product knowledge, salesmanship, sampai training motivasi.

Lalu kenapa sales itu bernyanyi lalu di suruh menjual produk, Mari kita pelajari, setiap manusai mempunyai sifat yang namanya malu, ada yang malu bertanya maka sesat di jalan ,jika malu dan takut bertemu orang bagaimana bisa menjual produk, maka untuk itu perlu namanya semangat untuk menghilangkan rasa malu dan motivasi untuk berani.

Lalu apa hubungannya dengan judul diatas, Anda pasti bertanya, Didalam penjualan kita kadang menemukan kenapa pelanggan mau membeli produk kepada si A padahal produk itu sudah pernah ditawarkan oleh si B, dengan harga yang sama yang didiapat si Pelanggan.

Dalam penjualan mengerti product knowledge aja belumlah cukup, tetapi kita perlu mengetahui perilaku konsumen bahkan kita perlu mengetahui psikologi konsumen. Sehingga kita mengetahui apakah konsumen akan membeli produk kita, apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh konsumen.

Marketing,selling,sales,Pemasaran,Penjualan,Bisnisdankewirausahaan

Pelajaran pertama dari selling adalah Sebelum Konsemen Membeli Produk Yang Pertama dia Beli adalah Diri Anda, maka tugas Anda adalah Jualah Diri Anda Kepada Konsumen.

Tunggu dulu jangan Anda berpikir apakah saya harus menjual diri saya (dalam arti yang negative) . Ya betul bahwa anda harus jual kelebihan Anda, juallah pengetahuan Anda, dan yang paling penting adalah Anda sebagai pelayan yang memberikan solusi kepada pelanggan Anda apa yang mereka butuhkan dan inginkan dan jangan menawarkan apa yang tidak mereka inginkan.

Pelajaran kedua adalah Dekatlah kepada pelanggan Anda dan tumbuhkanlah kepercayaannya terhadap Anda.

Jika seseorang sudah dekat dan percaya maka ia pasti akan membeli produk Anda. Contoh Kenapa Anda mau membeli produk yang anda sendiri belum pernah memakainya. Jawabnya adalah karena percaya kepada penjualnya, kalau tidak percaya maka tidak akan mungkin konsumen akan membeli produk yang ditawarkan.

Nah jika pelanggan sudak dekat kepada Anda maka ia akan mencari Anda jika akan membeli produk. Jadi buatlah diri Anda dekat dengan pelanggan karena jika sudah dekat maka ada perasaan tidak enak jika ia tidak membeli produk dari Anda.

Pelajaran ke tiga, Jangan pernah membohongi pelanggan Anda

Bagaimana rasanya jika Anda dibohongi, pastilah Anda akan marah, jadi janganlah membohongi pelanggan Anda dengan mengatakan produk Anda lebih bagus dan menjelek – jelekkan produk saingan anda. Jika pelanggan merasa dibohongi maka ia tidak akan pernah mau membeli produk Anda.

Pelarjaran ke Empat, Pelajari Ilmu komunikasi. Untuk topic ini Saya akan membahasnya lebihjauh lagi jika anda tertarik kirimkan e-mail andake tovfrima@yahoo.co.id, dan saya akan kirimkan materi ini khusus untuk anda .

Marketing,selling,sales,Pemasaran,Penjualan,Bisnisdankewirausahaan