Selasa, 22 April 2008

Nggoogle atau Nyahoo Dulu, Baru Belanja

Kini, Tren belanja via onlline atau lewat internet di tanah air terbilang cukup besar. Berdasarkan survai yang digelar oleh Nielsen atas 511 responden Indonesi, pada pertengahan April hingga awal Juli 2007, dijumpai hampir separuh atau 51%-nya telah melakukan pembelanjaan via internet.

Dalam tinga bulan terakhir, item yang dibeli via internet oleh responden Indonesia di antaranya tiket pesawat (40%). Disusul oleh buku 37% , perangkat elektronik (21%), pakaian, aksesories dan sepatu (21%) serta computer software 20%, sementara untuk item grosir, hanya 1%.

Hampir separuh dari responden Indonesia, 51%-nya menggunakan search engine seperti Google atau Yahoo untuk menolong mereka dalam memutuskan situs mana yang akan digunakan untuk belanja online. Diikuti 40%nya yang mengatakan bahwa mereka membeli dari situs yang sama, menjelajah secara umum (37%) dan rekomendasi online (36%).

Adapun cara pembayaran yang biasa digunakan oleh responden Indonesia, 45% melakukan bank transfer, 42% lewat credit card, dan 11% melalui debit card. Untuk pembayaran lewat kartu jenis visa mencapai 65%, MKaster card 29% lainnya 6%.

Tentang seberapa sering responen Indonesia mengakses internet untuk e-maiol 76% menjawab setiap hari. Adapun untuk instant messaging, 55% responden mengatakan mengakses internet setiap hari. Selain itu 28% responden Indonesia juga membaca blog setiap harinya. Untuk chatting 34 % responden Indonesia mengakses internet setiap harinyanya

Tidak ada komentar: